You are currently viewing Kunjungan Fasilitator pada kegiatan IKM Sekolah Penggerak Angkatan 2 SMA Mathla’ul Huda

Kunjungan Fasilitator pada kegiatan IKM Sekolah Penggerak Angkatan 2 SMA Mathla’ul Huda

Kunjungan kegiatan IKM bagi sekolah penggerak, menandakan komitmen untuk menumbuhkan budaya positif dan mempersiapkan siswa untuk sukses dengan membekali mereka dengan keterampilan dan sumber daya penting berlandaskan profil pelajar pancasila. Kunjungan yang dilakukan oleh fasilitator Sekolah Penggerak menunjukkan dedikasi untuk menumbuhkan semangat perubahan pendidikan di kalangan siswa dan memastikan mereka dibekali dengan alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk mewujudkan aspirasi belajarnya.

Tepat pada hari kamis tanggal 26 Oktober 2023 yang bertempat di SMA Mathla’ul Huda dilaksanakannya kegiatan Kunjungan Sekolah Penggerak yang dilakukan oleh seorang Fasilitator yang merupakan kepanjangan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset (Kemdibudristek) Republik Indonesia dimotori melalui BBPG Provinsi Jawa Barat. SMA Mathla’ul Huda merupakan sekolah penggerak angkatan ke 2 yang sudah menerapkan pembelajaran dengan kurikulum merdeka selama 2 tahun pelajaran ini, sepanjang poroses kegiatan salah satu dari pembinaan sekolah penggerak adalah visitasi oleh Fasilitator Sekolah Penggerak.

Adapun kegiatan selama pelaksanaan kunjungan IKM di SMA Mathla’ul Huda adalah sebagai berikut :

  1. Melihat proses pembelajaran di kelas;
  2. Sepintas pemaparan penerapan kurikulum yang sudah dilaksanakan, termasuk praktik baik yang telah dilakukan;laporan praktik baik, praktik baik dalam perencanaan berbasis data, perkembangan komunitas belajar dan pengimbasan ke sekolah lain, kolaborasi orang tua, disertai dokumentasi pendukung;
  3. Penguatan oleh FSP dan diskusi terkait pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dikondisikan diruangan dihadiri oleh FSP, Kasek, pengawas, komite pembelajaran dan guru.

Pada kegiatan awal melihat proses pembelajaran dikelas ini, dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang bernama Ibu Nurhikmah Amelia, S.Hum di Kelas Fase E-1 atau kelas X-1, sebelum memasuki kelas Fasilitator Bapak Nurokhim, S.Pd. S.Ag,. melakukan diskusi dan coaching awal terhadap guru terkait kesiapan Modul/RPP dan administrasi lainnya. Kemudian Guru Mata Pelajaran dan Fasilitaor memasuki ruang kelas secara bersamaan, yang selanjutnya Guru Mata pelajaran memulai pembelajaran seperti biasa dan Fasilitor duduk bersama yang berada dibelakang para siswa untuk memantau dan mengawasi jalannya pembelajaran yang akan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan berlangsung sesuai dengan pembelajaran inovasi melalui pendekatan pembelajaran Berdiferensiasi. Adapun dokumentasi kami sajikan sebagai berikut :

Kegiatan berikutnya adalah Fasilitator dan Kepala Sekolah beserta dewan guru memasuki ruang Guru untuk melakukan Refleksi disertai Pembekalan dengan agenda sebagai berikut :

  1. Sambutan Kepala Sekolah sekaligus pembinaan kepada Guru;
  2. Refleksi dan penguatan tentang pembelajaran oleh Fasilitator Sekolah Penggerak;
  3. Tanya jawab dan diskusi.

Sambutan Kepala Sekolah, dalam sambutan Kepala Sekolah memaparkan laporan praktik baik, praktik baik dalam perencanaan berbasis data, perkembangan komunitas belajar dan pengimbasan ke sekolah lain, kolaborasi orang tua, disertai dokumentasi pendukung. SMA Mathlahul Huda sebagai sekolah penggerak angkatan ke 2 dan sudah menerapkan kurikulum merdeka pada jenjang Fase E dan F berjalan hampir 2 tahun pelajaran, untuk pemahaman perangkat ajar hampir 80% sudah memahami, dan Komunitas belajar juga sudah dilaksanakan setiap 1 bulan sekali oleh kepala sekolah dan dewan guru serta komite pembelajaran, pengimbasan yang dilakukan sekolah sudah menempuh 5 sekolah dengan jenjang yang berbeda mulai dari ntingkat Dasar, Menengah Pertama dan Menengah atas yang ada di lingkungan parungpanjang serta tenjo, pengunaan PMM bagi guru hampir 80% sudah menggunakan dan mengaplikasikan dalam pembelajarna, selain sekolah penggerak SMA Mathla’ul Huda juga memiliki 1 orang Guru Penggerak dan beberapa guru lainnya sedang mengikuti tes menjadi Guru Penggerak, kegiatan yang dilakukan sudah merujuk kepada Kurikulum Merdeka yang selama dalam pendidikan, bimbingan maupun pendampingan FSP. Komunitas belajar sudah dialaksanakan setiap bulan sekali, pembahasan pada kegiatan tersebut berkaitan dengan Penyusunan modul ajar, P5 dan PMM serta refleksi terhadapa kegiatan pemeblajaran yang sudah dilakukan. Adapun hasil pembasahaannya yaitu : Modifikasi modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar murid dan penerapan desain pembelajaran yang inovatif, melakukan pembagian mata pelajaran berdasarkan minat dan karir murid, dengan menggunakan angket pemilihan minat khusunya di kelas Fase F, untuk P5 yang dibahas berkaitan dengan survai pemilihan tema yang dimintai oleh murid, sehingga didapatkan tema pada P5 untuk fase E yakni Bagunlah jiwa dan raganya, Kewirausahaan dan Demokrasi, sedangkan pada fase F sebanyak 2 tema yakni Kewirausahaan lanjutan dan Kearifna lokal lanjutan. Untuk PMM guru sudah mulai untuk pengunaanya serta pengaplikasi dalam pembelajaran hampir 80% guru melaksanakan.

Kegiatan pengimbasan  Implementasi  Kurikulum  Merdeka  dilaksanakan pada :

  1. SMA ISLAM DARUL ARHAM. Pada hari/tanggal Kamis, 20 Juli 2023 pukul : 08.00 – 17.00 Wib bertempat digedung SMA Islam Darul Arham;
  2. SMA ISLAM HIDAYATUL IKHWAN. Pada hari/tanggal, Senin, 21 Agustus 2023 pukul : 08.00 – 17.00 Wib bertempat digedung SMA Islam Hidayatul Ikhwan;
  3. MTS MATHLA’UL HUDA. Pada hari/tanggal, Rabu, 19 Juli 2023 pukul 08.00 – 17.00 Wib bertempat di Aula Yayasan Mathla’ul Huda
  4. MIS MATHLA’UL HUDA. Pada hari/tanggal Kamis, 20 Juli 2023 dilaksanakn Pukul : 08.00 – 17.00 Wib bertempat di Aula Yayasan Mathla’ul Huda
  5. SMA AL-KAUTSAR. Pad hari/tanggal, Selasa, 8 Agustus 2023 pukul 08.00 – 17.00 Wib bertempat digedung Yayasan Al-Kautsa.

Dalam kegiatan pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka materi yang disampaikan antara lain : Orientasi Program Sekolah Penggerak, Refleksi Pembelajaran Paradigma Baru/Kurikulum Merdeka, Penyusunan Kurikulum Operasional (KOS), Capaian Pembelajaran (CP), Meranjang Pembelajaran 1 : Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Merancang Pembelajaran 2 : Modul Ajar dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Fasilitator Sekolah Penggerak, fasilitator sekolah penggerak memberikan pengeuatan kepada Dewan Guru pada kesempatan ini Fasiliator memberikan pembekalan tentang Kelas yang menyenangkan.

Kelas yang menyenangkan adalah lingkungan belajar yang interaktif dan menarik yang menggabungkan konten pendidikan dengan aktivitas yang menyenangkan untuk menciptakan pengalaman yang positif dan merangsang bagi siswa. Kelas yang menyenangkan adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan kecintaan belajar dan menciptakan hubungan bermakna antara siswa dan konten yang diajarkan. Kelas yang menyenangkan merupakan jeda dari pengajaran gaya ceramah tradisional, karena kelas ini menawarkan siswa kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam perjalanan belajar mereka. Dalam kelas yang menyenangkan, siswa tidak hanya fokus pada materi pelajaran saja, namun juga menikmati proses pembelajaran. Kelas yang menyenangkan adalah lingkungan belajar yang interaktif dan menarik yang menggabungkan konten pendidikan dengan aktivitas yang menyenangkan untuk menciptakan pengalaman yang positif dan merangsang bagi siswa.

Demikian artikel ini kami buat, sebagai bentuk aksi nyata kegiatan dalam Sekolah Penggerak Angkatan 2 di SMA Mathla’ul Huda.

Dokumen fisik kegiatan Kunjungan IKM di SMA Mathla’ul Huda :

  1. Dokumentasi Praktik Baik Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1_4yVr_KzOjmKkLHCpUTr9z_BMfnHfmdS

  1. Dokumentasi Praktik Baik Dalam Komunitas Belajar Dalam Sekolah

https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1kuIaW-vgnKZ_-pfgWgRrGEA1FwLRa6c-

  1. Dokumentasi Pengimbasan

https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1j-8wSHqcoUU6DN6x6tbCerkHQxOfrQ3J

  1. Dokumentasi Praktik Baik Dalam Perencanaan Berbasis Data

https://drive.google.com/drive/folders/1iWZvDSOy7AiwsYUS74nA4b4wZ1CcwVu7?usp=sharing

  1. Dokumentasi Praktik Baik Dalam Digitalisasi Sekolah

https://drive.google.com/drive/folders/1X6yqwJBhabj-9aB1aIeNDYswkqagR_VO?usp=sharing

Tinggalkan Balasan