Lembar Aksi Nyata Lokakarya
Nama | : Jaja Pratama, S.Pd. MM |
Nama Sekolah | : SMA MATHLA’UL HUDA |
Unsur | : Guru |
Nama Fasilitator | : Nurokhim, S.Ag. S.Pd. |
PSP Angkatan | : 2 |
Petunjuk pengisian.
- Latar belakang aksi nyata.
- Memuat situasi/tantangan sebagai bagian awal dari cerita aksi nyata.
- Untuk cerita aksi nyata yang dilakukan, tuliskan:
- Tujuan aksi nyata.
- Pelaksanaan aksi nyata
- Apa yang dilakukan dalam aksi nyata.
- Bagaimana melakukan aksi nyata.
- Siapa saja yang terlibat dalam aksi nyata.
- Kapan aksi nyata dilakukan.
- Di mana aksi nyata dilakukan.
Materi lokakarya |
Pembelajaran, Asesmen dan P5 |
Judul aksi nyata |
Cara Menumbuhkan Kebiasaan Membaca yang Menyenangkan |
Latar belakang aksi nyata |
Gerakan literasi sekolah menjadi penting dikarenakan dengan adanya era globalisasi yang semakin canggih. Siswa mencari informasi hanya dengan melalui gadget. Pengaruh gadget dapat menyebabkan kurangnya minat membaca siswa. |
Ceritakan aksi nyata yang dilakukan |
Cara yang efektif dalam menubuhkan minat membaca
Salah satu cara yang saya lakukan untuk menumbuhkan minat membaca murid dengan program literasi online melalui tutor LMS yang dikemas dalam program disiplin postif di SMA Mathla’ul Huda.
Situasi dan Tantangan Sulitnya melakukan kolabirasi dengan rekan guru mata pelajaran membahas faktor penyebab yang mempengaruhi tingkat kemampuan literasi rendah dan bagaimana mengumpulkan data masalah tentang faktor penyebab literasi rendah.
Aksi yang dialkukan Langkah 1 : Buat Pertanyaan dan Libatkan Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat untuk mengidentifiaksi Pada tahap ini dimulai dengann diskusi bersama Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat guna mencari referensi tentang literasi online mengunakan Tutor LMS dan kemudian menyusun capaian literasi yang hendak dicapai oleh murid dalam literasi online.
Langkah 2 : Ambil Pelejaran Tentang Program Literasi Online Mencari tau dengan berwawancara, literatur secara mandiri dan berkolaborasi dengan rekan sejawat yang telah berhasil meningkatkan literasi melalui online pada sekolah yang sudah melakukan, kemudian mencatat dan menyampaikan informasi kepada Kepala Skeolah dan rekan Sejawat serta mencarai konten yang akan di gunakan pada tutor LMS literasi Online.
Langkah 3 : Gali mimpi dengan Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat Mencari tau manfaat positif yang timbul dengan refleksi menggunakan google form, merasa bangga, senang dan bersyukur dapat memberikan program literasi secara online menggunakan Tutor LMS, mengembangkan konten literasi melalui 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Bahasa Sunda, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Langkah 4 : Jabarkan rencana tentang lietari online menggunakan tutor LMS Membiasakan murid dan rekan guru yang ditunjuk sebagai pembimbing literasi online seminggu tiga hari sebelum jam pertama pelajaran dimulai untuk berkumpul di halaman sekolah melaksanakan kegiatan literasi online, menyusun konten dan capaian literasi online, membuat laporan setiap 2 (dua) minggu atas capaian dari kegiatan literasi online, menempelkan hasil refleksi murid oleh duta leterasi pada pohon literasi yang terbuat dari ranting tumbuhan dan mading sekolah setiap 2 (dua) minggu sekali.
Langkah 4 : Atur Eksekusi untuk Melibatkan Kepala Sekolah dan Rekan Sejaawat dalam Literasi Online Terutama adalah Kepala Sekolah sebagai pemangku kebijakan, kemudian para wali kelas dan rekan guru yang diberikan tugas sebagai pembimbing harian maupun teknis dalam pelaksanaanya, dilaskanakan pada awal Tahun Pelajaran, melakukan komitmen bersama dengan kepala sekolah dan seluruh warga sekolah untuk melaksanakan rencana program yang sudah direncanakan, dan Nilai Asesmen Nasional melalui Rapor Pendidikan pada bagian literasi meningkat dari tahun sebelumnya |
Pembelajaran yang didapatkan saat melakukan aksi nyata |
Berdarsarkan aksi nyata yang dilakukan dengan menggunakan Tutor LMS sebagai bentuk metode dalam meningkatkan minat membaca murid sangat baik dan efektif hal ini dapat dibuktikan faktanya telah meningkat nilai lietrasi pada raport pendidikan dari tahun sebelunya. |
Dokumentasi aksi nyata |
![]() ![]()
|