Visi, Misi dan Tujuan
SMA Mathla'ul Huda

VISI, MISI, TUJUAN DAN PROFIL PELAJAR PANCAILA

SMA MATHLAUL HUDA

A. Visi

Terwujudnya peserta didik yang bertaqwa, beretika luhur, gemar belajar, agamis, rasional dalam bertindak yang disingkat (TEGAR).

Indikator :

  1. Bertaqwa
  2. Selalu menjalankan ajaran agama yang dianutnya dan meninggalkan semua larangan  yang diperintahkan oleh  ajaran
  3. Beretika Luhur
  4. Lulusan SMA Mathla’ul Huda diharapkan mampu memiliki etika baik dilingkungan sekolah maupun dimasyarakat luar.
  5. Gemar Belajar
  6. Terwujudnya proses pembelajaran yang berkualitas dalam suasana menyenangkan.
  7. Agamis
  8. Terwujudnya suasana sekolah yang agamis.
  9. Rasional
  10. Terwujudnya pola piker dan bertindak secara logika.
  11. Taat menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
  12. Memiliki karakter baik yang dibuktikan dengan nilai kepribadian hasil observasi seluruh guru mata pelajaran minimal Baik.
  13. 100% siswa lulus Ujian Sekolah dengan rata-rata nilai untuk semua mata pelajaran.
  14. Mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang hijau, bersih, nyaman, aman, dan sehat.
  15. Mampu menguasai bahasa inggris dan bahasa lainnya minimal 20% yang dibuktikan dengan adanya ekstrakulikuler pendalaman bahasa.
  16. Mampu menguasai desain grafis dalam ekstarkulikuler jurnalistik dan dibuktikan dengan sekolah berbasis multimedia.
  17. Mampu menguasai membaca Al-Qur’an dengan tajwid dan mahroj dengan baik dan dibuktikan dengan adanya pendalaman pembacaan al-qur’an dari hasil kegiatan tadarusan sebelum pembelajaran dimulai serta siswa pernah menjadi juara II lomba tilawah qur’an yang diselenggarakan SPAI.

B. Misi

Untuk mencapai VISI tersebut, SMA Mathla’ul Huda Parungpanjang mengembangkan misi sebagai berikut:

  1. Membiasakan peserta didik melaksanakan ibadah wajib dan sunah;
  2. mengelola pendidikan yang berlandasan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT;
  3. menanamkan nilai –nilai pendidikan berkarakter;
  4. melaksanakan pendidikan ektrakurikuler pramuka, junarlistik, PMR, Paskibra, rohis dan olah raga;
  5. mengoptimalkan fungsi perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca;

C. Tujuan SMA Mathla’ul Huda Parungpanjang

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SMA Mathla’ul Huda Parungpanjang Propinsi Daerah Jawa Barat adalah sebagai berikut :

  1. Pengadaan Laboraturium Multi Media, Kimia, Fisika dan Biologi
  2. Pengadaan fasilitas olah raga (Lapangan Serbaguna).
  3. Pengadaan sarana ibadah beserta perlengkapan penunjang.
  4. Kelengkapan sarana dan prasarana guna menunjang kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan kompetensi.
  5. Tersusunnya perangkat administrasi sekolah dan guru dalam rangka tertib administrasi dan persiapan administrasi.
  6. Sebanyak 15% siswa mampu berkomunikasi lisan dan tulisan dengan menggunakan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya dengan baik dan benar.
  7. Sebanyak 80% siswa –siswi mampu baca tulis Al-Qur’an.

Sedangkan pada tujuan sekolah empat tahun yaitu pada tahun 2024, sasaran yang diharapkan SMA Mathla’ul Huda Parungpanjang dalam mencapai tujuan sekolah tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Menyediakan sarana prasarana pendidikan yang memadai;
  2. melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global;
  3. meningkatkan kinerja masing-masing komponen sekolah (Kepala sekolah, tenaga pendidik, karyawan, peserta didik, dan komite sekolah) untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) masing-masing;
  4. meningkatkan program ekstrakurikulerdengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik;
  5. mewujudkan peningkatkan kualitas lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang seimbang, serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi;
  6. menyusun dan melaksanakan tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah;
  7. meningkatkan kualitas semua Sumber Daya Manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik yang dapat berkompetisi baik local maupun global.

D. Profil Pelajar Pancasila SMA Mathlaul Huda

    1. Membangun kebiasaan tertib beribadah, kajian keagamaan rutin dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan) pada pelajar. Representasi dari Visi “Bertaqwa”
      • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”
    2. Mengembangkan rasa kepedulian, nasionalisme, patriotisme, dan bangga atas budaya lokal melalui aktivitas sosial, lingkungan, kebangsaan dan eksplorasi. Representasi dari Visi “Beretika Luhur”
      • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”
    3. Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial) dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat pelajar. Visi “Gemar Belajar”
      • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”, “Kreatif” dan “Bernalar kritis”.
  1. Mengembangkan prilaku muslim dan muslimah, taat beribadah, kajian rohani, kegiatan keagamaan, aktif dalam syiar agama, mengamalkan ajaran agama sesuai yang dianut. Visi “Agamis”
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan Bertanggung Jawab”
  1. Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi minat dan bakat pelajar Visi “Rasional”
  • Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri, Demokratos dan Berkebinekaan Global”